Genre Based animation media

Animasi bagi saya bukan hanya sekedar hiburan untuk anank-anak, namun animasi bisa dimanfaatkan dan dikembangkan menjadi sebuah tool (alat) untuk menyampaikan suatu informasi atau materi kepada siapa saja bahkan orang dewasa sekalipun. Selain kecintaan saya terhadap dunia satu ini kelebihan media animasi ini yang melatarbelakangi sebuah riset yang berjudul DEVELOPING GENRE BASED ANIMATION MEDIA FOR TEACHING SPEAKING IN THE SEVENTH GRADE STUDENTS OF SMP N 1 SUKASADA. Riset ini merupakan penelitian dan pengembangan sebuah media pembelajaran untuk mengajar speaking dan media ini berbentuk animasi. Sebelumnya di India ada seorang peneliti yang sudah melakukan riset tentang peranan media animasi dalam membantu siswa belajar bahasa Inggirs. Peneliti tersebut adalah V. Anitha Devi (http://www.languageinindia.com/aug2005/animationanitha2.html) Dalam penitianya Aitha Devi menemukan bahwa animasi dapat membatu siswa dalm belajar berbagai materi bahasa Inggris seperti:

  • Writing and speaking: e.g., Description of a process
  • Speaking: e.g., body language- facial expressions and gestures
  • Reading: e.g., Animated story, narration of events
  • Listening: e.g., Comprehending abstract concepts, animated text for developing note taking skills as they listen. Associating and matching the instruction with correct animation (eg. Imperative sentences).
  • Grammar: e.g., Verbs: action verbs , phrasal verbs. Nouns: countable and uncountable Adverbials of time Prepositions

Dari  hasil riset ini saya mempunyai ide untuk membuat sendiri animasi yang dapat digunakan oleh siswa untuk belajar bahasa Inggris. Media animasi ini harus di design sesuai dengan karater, kemapuan awal dan juga lingkungan siswa. Dengan media ini diharapkan siswa bisa lebih mengerti dan bisa membuat proses belajar-mengajar mejadi lebih efectif dan menyenangkan. Berikut adalah  Product Animasi yang telah dikembangkan dari hasil riset ini

 

Leave a comment

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑